Sumber: South China Morning Post,Forbes,Reuters | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo
KONTAN.CO.ID - Menjual air mineral kemasan terbukti mampu membuat orang menjadi yang terkaya di negaranya. Hal ini terjadi pada Zhong Shanshan, orang terkaya di China yang memiliki perusahaan air minum kemasan.
Zhong Shanshan masih menjadi orang terkaya di China hingga saat ini. Mengutip data Forbes Real-time Billionaires pada 28 Oktober 2025, kekayaan Zhong ada di angka US$75,8 miliar (sekitar Rp 1.259 triliun).
Jumlah itu juga membuatnya ada di peringkat ke-25 dalam daftar orang terkaya di dunia untuk saat ini.
Melalui bisnis air mineralnya, Zhong berhasil mengungguli konglomerat teknologi seperti Zhang Yiming (ByteDance, TikTok), Ma Huateng (Tencent), serta Colin Huang (Pinduoduo).
Baca Juga: Tertukar Saat Lahir, Sopir Truk Miskin Jepang Ternyata Anak Keluarga Kaya Raya
Kisah Zhong Shanshan Mendirikan Nongfu Spring
Zhong Shanshan adalah pendiri sekaligus ketua Nongfu Spring, merek air minum kemasan terbesar di China.
Zhong mendirikan Nongfu Spring pada 1996 di Zhejiang. Tujuan utamanya cukup sederhana, yakni menyediakan air minum berkualitas dari sumber alami.
Pada tahun 2020, Nongfu Spring melakukan IPO di Bursa Hong Kong. Tak butuh waktu lama, nilai saham perusahaan melonjak tajam dan membuat kekayaan Zhong meningkat drastis.
Sampai saat ini Nongfu Spring masih mendominasi pasar air kemasan di China berkat jaringan distribusi yang kuat, produk variatif, serta pembangunan citra merek yang sangat konsisten.
Setelah sukses dengan air mineral, Nongfu Spring akhirnya menjual produk minuman jenis lain seperti teh, jus, dan minuman manis lainnya. Semuanya tentu sukses di pasaran.
Baca Juga: Kwek Leng Beng Raup Cuan, CDL Jual 84% Unit Zyon Grand di Singapura
Terjun ke Dunia Farmasi
Zhong Shanshan juga memiliki kepemilikan besar di perusahaan farmasi Beijing Wantai Biological Pharmacy. Dari sini, Zhong memperluas sumber kekayaannya ke sektor kesehatan.
Buahnya mulai dirasakan terutama setelah pandemi COVID-19, ketika permintaan akan produk farmasi dan vaksin ada di puncaknya.
Masuk ke dunia ini juga merupakan upaya untuk bisa tetap bertahan di tengah banyaknya tantangan yang dihadapi Nongfu. Mulai dari merek lain, sampai fluktuasi nilai saham.
Perlu diakui bahwa pasar air minum di China sangat kompetitif. Nongfu Spring harus menghadapi rival seperti Wahaha dan C’estbon.
Di samping itu, fluktuasi saham Nongfu Spring dan isu nasionalisme konsumen terkadang memengaruhi citra perusahaan.
Baca Juga: 5 Fakta Chen Zhi: Miliarder Kamboja Terduga Dalang Kejahatan Siber Global
Bisnis Sederhana Menjadi Orang Terkaya
Zhong Shanshan menunjukkan bahwa masuk ke sektor bisnis arus utama tak selamanya buruk. Kejeliannya melihat peluang dan kebutuhan konsumen sekitar 30 tahun lalu kini membuahkan hasil.
Siapa sangka, bisnis air mineral, yang sebenarnya bisa diolah secara mandiri, bisa sangat menghasilkan.
Baca Juga: Berkenalan dengan Aliko Dangote: Orang Terkaya di Afrika, Raih Kekayaan US$30 Miliar
Selanjutnya: Daftar Kode Redeem Duet Night Abyss Oktober 2025 Edisi Peluncuran dan Cara Klaim
Menarik Dibaca: Kampanye Percaya This Is Your Ajak Perempuan Yakin pada Diri Sendiri
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News













